Gertak: Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan

Saya dengan penuh kebanggaan ingin berbagi tentang kesuksesan Program GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan) yang telah kita laksanakan di Kabupaten Trenggalek. Program ini bukan hanya sebuah inisiatif, tetapi juga sebuah komitmen untuk menghadirkan perubahan nyata dalam mengurangi tingkat kemiskinan di wilayah Trenggalek.

Ketika saya pertama kali mengusulkan ide ini, muncul kesadaran bahwa kita memerlukan pendekatan yang terintegrasi dan holistik untuk menangani masalah yang kompleks ini. Pilar gertak dimotori oleh 3 SEDEKAH, yakni Sedekah Informasi, Sedekah Partisipasi dan Sedekah Rizki. Tentunya juga harus ada partisipasi aktif dari masyarakat dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

Melalui Program GERTAK, kami bekerja keras  mengumpulkan data kemiskinan yang akurat, mengidentifikasi daerah-daerah yang membutuhkan bantuan, dan mengembangkan strategi inovatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kami melibatkan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Forum Corporate Social Responsibility (CSR) untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam program ini.

Kami memastikan bahwa bantuan yang diberikan tepat sasaran dengan melakukan verifikasi langsung di lapangan. Saya sangat bangga melihat semangat dan kerjasama dari semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan program ini.

Dana yang berhasil terkumpul dari berbagai sumber, termasuk zakat, infak, sedekah, dan sumbangan sukarela dari pegawai negeri dan masyarakat umum, menunjukkan komitmen bersama untuk mengatasi kemiskinan di Kabupaten Trenggalek.

Melihat dampak positif yang telah dihasilkan oleh Program GERTAK, saya merasa sangat terhormat bahwa ide ini telah menjadi kenyataan dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat kita.

Ini adalah bukti nyata bahwa ketika pemerintah dan masyarakat bekerja bersama-sama, kita dapat mencapai perubahan yang signifikan dalam mengatasi masalah kemiskinan.

Mas Ipin

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan Program GERTAK. Mari terus berkolaborasi dan berupaya keras untuk menciptakan perubahan yang lebih baik bagi Kabupaten Trenggalek.

Bagaimana Program Gertak di Kabupaten Trenggalek Dilakukan?

Program GERTAK (Gerakan Tengok Bawah Masalah Kemiskinan) di Kabupaten Trenggalek dilakukan dengan banyak inisiatif dan strategi yang terpadu. Berikut adalah beberapa langkah yang dilakukan:

  1. Pengumpulan Data Kemiskinan : Program GERTAK mengumpulkan data kemiskinan yang terus dilakukan untuk mengidentifikasi warga yang membutuhkan bantuan.
  2. Inovasi Penanggulangan Kemiskinan : Program GERTAK mengimplementasikan inovasi penanggulangan kemiskinan, seperti sistem ‘Self Defined Poverty System’ yang membangun semangat dalam diri masyarakat.
  3. Partisipasi Masyarakat : Program GERTAK melibatkan partisipasi masyarakat lewat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Forum CSR.
  4. Verifikasi : Program GERTAK melakukan verifikasi di lapangan untuk memastikan bantuan yang diberikan kepada warga yang membutuhkannya.
  5. Pengelolaan Profesional : Program GERTAK menggunakan sistem manajemen data dan cakupan layanan yang profesional.
  6. Sinergi dengan Instansi Lain : Program GERTAK bekerjasama dengan instansi lain seperti  Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan beberapa instansi lainnya.
  7. Pengumpulan Dana : Program GERTAK mengumpulkan dana dari zakat, infak, dan sedekah dari para Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun instansi lain serta masyarakat umum.
  8. Partisipasi PNS : Program GERTAK menyarankan agar para PNS menyalurkan 1% dari gaji secara sukarela untuk mendukung program ini.
  9. Pengelolaan Profesional : Program GERTAK menggunakan sistem manajemen data dan cakupan layanan yang profesional.

Dengan inisiatif-inisiatif ini, program GERTAK di Kabupaten Trenggalek berhasil dalam mengurangi tingkat kemiskinan, sehingga diakui sebagai contoh yang berhasil dalam pengurangan kemiskinan di Indonesia.

Pelajari beberapa referensi terkait program Gertak di bawah ini:

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *